Tips Menurunkan Hipertensi

Masyarakat lebih mengenal penyakit darah tinggi hipertensi dengan sebutan penyaki darah tinggi. Tubuh dikatakan mengalami penyakit darah tinggi jika tekanan darah pada kisaran sistolik diatas 140 mmHg dan diastolic diatas 90 mmHg. Definisi tersebut bersifat umum, belum mencakup usia, berat badan, pola hidup, lingkungan, dan faktor genetic. Sejauh ini 90-95% kasus penyakit hipertensi belum diketahui penyebabnya. Namun,salah satu penyebabnya adalah kelainan fungsi metabolisme. Sisanya 5-10% penyebabnya sudah diketahui yaitu akibat penyakit ginjal, kelainan endokrin, dan pemakaian obat tertentu.  Tips menurunkan hipertensi salah satunya adalah dengan mengonsumsi yoghurt secara teratur. Yoghurt dilaporkan dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mekanisme yoghurt sebagai penurun tekanan darah sebagai berikut :

  1. Peptida yang dihasilkan dari pemecahan protein susu membentuk tripeptida yang menyerupai enzim angiostein I. Enzim angiotensin berfungsi menghambat dan menurunkan tekanan darah.
  2. Pada bakteri Lactobacillus casei YIT 9018 memiliki fragmen yang akan membantu menurunkan tekanan darah diasol dan sysol serta denyut jantung.

Tips menurunkan hipertensi dengan resep terapi adalah :

  1. Biasakan makan bawang merah mentag, baik dalam bentuk acar, bumbu untuk sambal bawang, maupun sebagai kudapan langsung.
  2. Ambil 30 g bawang merah dan blender dengan 100 cc air matang yang telah didinginkan. Tambahkan 3 sendok madu murni. Gunakan untuk sekali minum.

Bahan aktif yang terdapat dalam bawang merah dapat membantu menghancurkan timbunan trigliserida dalam darah, terutama kolesterol LDL. Senyawa flavonoid akan berpengaruh terhadap penurunan tingkat kekentalan darah (blood viscosity) sehingga aliran darah menjadi lancar.

Tips menurunkan hipertensi dalam mengonsumsi makanan wajib yang perlu dikonsumsi penderita hipertensi adalah daun seledri, wortel, bawang putih, dan kacang-kacangan. Bahan-bahan tersebut telah banyak terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Penderita hipertensi disarankan cukup mengonsumsi vitamin C terutama vitamin C alami buah-buahan dan sayuran. Jika dalam keadaan tidak memungkinkan, dapat dibantu dengan suplemen vitamin C, setidak-tidaknya 500-1.000 mg setiap hari. Semakin tinggi asupan vitamin C, semakin rendah tekanan darahnya.

Vitamin B6, sangat dianjurkan bagi orang yang tekanan darah tinggi. Vitamin B6 bekerja menstimulasi soistem saraf yang akan mempengaruhi darah. Makanlah makanan yang banyak mengandung potassium. Potasium atau kalium merupakan unsure esensial bagi mahluk hidup. Jenis makanan yang kandungan potasiumnya tinggi, seperti alpukat, kentang, tomatmentah, buah pisang, ikan salmon, kacang-kacangan. Potasium membantu menjaga keseimbangan dan distribusi air, tekanan darah, keseimbangan asam basa, fungsi  otot, dan sel saraf, fungis jantung, fungsi ginjal, dan adrenal (Kohlmeier Lovastatin).

Konsumsi makanan yang mengandung magnesium atauu suplemennya, 800 miligram per hari. Ini akan membantu mengendalikan tekanan darah, yaitu kacang tanah, bayam, makanan laut.  Multivitamin dan mineral juga membantu menurunkan tekanan darah dan pengatruh yang paling kentara adalah menjaga agar tubuh tetap sehat.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>